Gender Identity Disorder

Gender Identity Disorder atau Gangguan identitas gender adalah bagaimana seseorang merasa bahwa ia adalah seorang pria atau wanita, dimana terjadi konflik antara anatomi gender seseorang dengan identitas gendernya (Nevid, 2002).


Peran gender berkaitan dengan pernyataan masyarakat tentang citra maskulin atau feminim. Konsep tentang normal dan abnormal dipengaruhi oleh factor social budaya, Perilaku seksual dianggap normal apabila sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat dan dianggap abnormal apabila menyimpang dari kebiasaan yang ada di masyarakat. 

Gangguan identitas gender bermula di masa kanak-kanak hal itu dihubungkan dengan banyaknya perilaku lintas-gender, seperti berpakaian seperti lawan jenisnya, lebih suka bermain dengan teman-teman dari lawan jenis, dan melakukan permainan yang secara umum dianggap sebagai permainan lawan jenisnya. Gangguan identitas gender pada anak-anak biasanya teramati oleh orang tua ketika si anak berusia antara 2-4 tahun . 

Criteria Diagnostic 
  1. Berkeinginan kuat menjadi anggota gender lawan jenisnya (berkeyakinan bahwa ia memiliki identitas gender lawan jenisnnya)
  2. Memilih memakai baju sesuai dengan stereotip gender lawan jenisnya
  3. Berfantasi menjadi gender lawan jenisnya atau melakukan permainan yang dianggap sebagai permainan gender lawan jenisnya. 
  4. Mempunyai keinginan berpartisipasi dalam aktivitas permainan yang sesuai dengan stereotip lawan jenisnya 
  5. Keinginan kuat mempunyai teman bermain dari gender lawan jenis (dimana biasanya pada usia anak – anak lebih tertarik untuk mempunyai teman bermain dari gender yang sama). Pada remaja dan orang dewasa dapat diidentifikasikan bahwa mereka berharap menjadi sosok lawan jenisnya, berharap untuk bisa hidup sebagai anggota dari gender lawan jenisnya. 
  6. Perasaan yang kuat dan menetap ketidaknyamanan pada gender anatominya sendiri atau tingkah lakunya yang sesuai stereotip gendernya. 
  7. Tidak terdapat kondisi interseks. 
  8. Menyebabkan kecemasan yang serius atau mempengaruhi pekerjaan atau sosialisasi atau yang lainnya. 
  9. Gangguan identitas gender dapat berakhir pada remaja ketika anak – anak mulai dapat menerima identitas gender. Tetapi juga dapat terus berlangsung sampai remaja bahkan hingga dewasa sehingga mungkin menjadi gay atau lesbian. 
Kriteria gangguan Identitas Gender 
Identifikasi yang kuat dan menetap terhadap lawan jenis Pada anak-anak, terdapat 4 atau lebih dari cirri, yaitu: a. Berulang kali menyatakan keinginan untuk menjadi atau memaksakan bahwa ia adalah lawan jenis b. Lebih suka memakai pakaian lawan jenis c. Lebih suka berperan sebagai lawan jenis dalam bermain atau terus menerus berfantasi menjadi lawan jenis d. Lebih suka melakukan permainan yang merupakan stereotip lawan jenis e. Lebih suka bermain dengan teman-teman lawan jenis Pada remaja dan orang dewasa, simtom-simton seperti keinginan untuk menjadi lawan jenis, berpindah ke kelompok lawan jenis, ingin diperlakukan sebagai lawan jenis, keyakinan bahwa emosinya adalah tipikal lawan jenis. 

Rasa tidak nyaman yang terus-menerus dengan jenis kelamin biologisnya atau rasa terasing dari peran gender jenis kelamin tersebut. a. Pada anak-anak, terwujud dalam salah satu hal di antaranya; pada laki-laki merasa jijik dengan penisnya dan yakin bahwa penisnya akan hilang seiring berjalannya waktu; tidak menyukai permainan stereotip anak laki-laki. Pada anak perempuan, menolak untuk buang air kecil dengan cara duduk; yakin bahwa penis akan tumbuh; merasa tidak suka dengan payudara yang membesar dan menstruasi; merasa benci/tidak suka terhadap pakaian perempuan yang konvensional b. Pada remaja dan orang dewasa, terwujud dalam salah satu hal di antaranya; keinginan kuat untuk menghilangkan karakteristik jenis kelamin sekunder melalui pemberian hormone dan/atau operasi; yakni bahwa ia dilahirkan dengan jenis kelamin yang salah Tidak sama dengan kondisi fisik antar jenis kelamin Menyebabkan distress atau hendaknya dalam fungsi sosial dan perkerjaan. 

D. Perspektif 
 a. Biologis Jenis kelamin bayi manusia ditentukan oleh kromosom. Laki-laki memiliki kromosom Y, selain kromosom X, sementara perempuan memiliki dua kromosom X. Kromosom Y mengandung gen yang dikenal sebagai faktor penentu testis. Gen ini menyebabkan sel-sel dalam embrio untuk membedakan dan mengembangkan alat kelamin laki-laki. Embrio tanpa faktor penentu testis terus mengembangkan dibedakan sebagai perempuan. Testis laki-laki yang baru terbentuk melepaskan sejumlah besar hormon laki-laki selama bulan ketiga kehamilan, lebih meningkatkan diferensiasi laki-laki. Ini lonjakan tiba-tiba terjadi lagi hormon pada pria kadang-kadang antara minggu kedua dan kedua belas setelah kelahiran. Penting untuk dicatat bahwa tidak ada lonjakan feminisasi sesuai urutan diamati hormon pada wanita pada usia ini. Teori biologistelah difokuskan padajumlahdan jenishormonantenatalyang datang dalamkontak denganjanin. Secara khusus, jika janinterkenatingkat yang sangattinggitestosteron, terdapat buktibahwa sepertijaninakan mengembangkanidentitaspria, bahkan jikabayi lahirdan dibesarkansebagai seorang gadis. Juga, jika janinterkenakelebihanandrogenatau kekuranganhormonandrogen, maka genderatipikalperilaku telahdiamati dalamstudi penelitian(Cohen-Kettenis &Gooren, 1999). KasusReimerdapat digunakansebagai sumberutamadukungan untukpenelitian denganteori-teoribiologis seperti, karena itu adalahcontoh yang jelasalamversus pengasuhan, di mana alamakhirnyamenang. 
Menurut teori Toone, ketidakseimbangan hormon kehamilan dapat mempengaruhi individu untuk thedisorder. Masalah dalam interaksi keluarga individu atau keluarga dynamicsmay memainkan peran. b. Psikologis Teori Psikologis menunjukkan faktor lingkungan sebagai pengaruh kunci dalam etiologi GID. Penelitian sampai saat ini menunjukkan perbedaan yang jelas berbagai penyebab GID antara anak perempuan dan laki-laki. Namun, kesamaan dalam menyebabkan titik ke GID sebagai mekanisme coping untuk stressor lingkungan yang dihadapi individu. Karena tidak ada temuan yang jelas tentang kausalitas telah ditentukan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengembangkan teori psikologi yang komprehensif tentang etiologi GID. Di sisi lain, teori-teori psikologi mengidentifikasi pengaruh orang tua, kebutuhan primer, dan kognisi pribadi sebagai faktor utama yang menyebabkan GID, dengan atau tanpa membutuhkan diatesis biologis. Dalam makalah ini, ikhtisar dari beberapa teori psikologi akan disajikan. Pengaruh orang tua adalah yang paling banyak dipelajari dan tampaknya menjadi kekuatan yang paling kuat dalam genesis GID, terutama peran ibu. Pada atau bahkan sebelum rahim, kebanyakan orangtua mengekspresikan preferensi seks untuk mereka anak-to-be. Menurut Zucker dan Bradley (1995), sifat psikologis umum bahwa ibu dari anak laki-laki dengan GID miliki adalah kebutuhan untuk memelihara dan dipelihara oleh seorang anak perempuan. Sangat kecewa karena tidak memiliki anak perempuan, seorang ibu yang memutuskan untuk menjaga anaknya bisa memberinya varian dari nama perempuan, lintas-baju dia, atau memperlakukan dia seperti seorang gadis. Namun demikian, dalam mempelajari anak-anak ini, hubungan ibu-anak yang terlalu dekat dan pelindung sering ditemukan. c. Sosiokultural Perspektif penting yang muncul dalam psikologi dalam beberapa tahun terakhir disebut perspektif sosiokultural. Seperti teori belajar sosial, pendekatan sosial budaya didasarkan pada asumsi bahwa kepribadian kita, keyakinan, sikap. dan keterampilan yang dipelajari dari orang lain. Pendekatan sosial budaya berjalan lebih lanjut, namun, dalam menyatakan bahwa adalah mustahil untuk memahami seseorang tanpa memahami budaya-nya, identitas etnis, identitas gender, dan faktor-faktor lain yang patut incportant 'sosiokultural (Miller, 1999; Phinney, 1996a). Suatu istilah yang penting untuk perspektif sosial budaya adalah identitas gender. Istilah ini mengacu pada pandangan seseorang tentang dirinya sendiri sebagai laki-laki atau perempuan. Sebagai anak laki-laki dan perempuan berinteraksi dengan orang tua mereka. saudara. guru. dan teman-teman, mereka belajar apa artinya menjadi seorang laki-laki atau perempuan dalam masyarakat mereka. 
Di Amerika Serikat, misalnya. laki-laki secara tradisional telah diajarkan untuk menjadi kuat dan tegas. sedangkan perempuan telah diajarkan untuk memelihara dan lembut. Dan, meskipun langkah telah dibuat dalam beberapa tahun terakhir untuk mengurangi pembentukan dari dua jenis kelamin dalam peran seks yang sempit, dampak sosialisasi semacam ini memiliki dampak pada masing-masing identitas gender kita. E. Prevensi Menyediakan gender yang sesuai pakaian dan mainan pada masa bayi dan anak usia dini sangat membantu dalam mencegah atau mengurangi gangguan identitas gender. Menghindari komentar menghina tentang mainan anak, pakaian, atau preferensi aktivitas mengurangi potensi bahaya psikis sengaja. Kebanyakan individu dengan gangguan identitas gender memerlukan dan menghargai dukungan dari beberapa sumber. Keluarga, serta orang dengan gangguan tersebut, perlu dan menghargai informasi dan dukungan. Lokal dan nasional kelompok dukungan dan layanan informasi yang ada, dan penyedia perawatan kesehatan dan profesional kesehatan mental dapat memberikan arahan. 

Terapi Gangguan Identitas Gender  
1. Perubahan Tubuh Orang yang mengalami GIG yang mengikuti program yang mencakup perubahan tubuh umumnya diminta untuk menjalani psikoterapi selama 6 hingga 12 bulan dan hidup sesuai gender yang diinginkan (harry Benjamin Internasional Gender Dysphoria Assosiation, 1998). Terapi umumnya tidak hanya memfokuskan pada kecemasan dan depresi yang mungkin dialami orang yang bersangkutan, namun juga pada berbagai pilihan yang ada untuk mengubah tubuhnya. Banyak transeksual juga mengonsumsi hormone agar tubuh mereka secara fisik lebih mendekati keyakinan mereka tentang gender mereka. Banyak yang mengalami gangguan identitas gender tidak menggunakan metode yang lebih jauh dari itu, namun beberapa orang mengambil langkah tambahan dengan menjalani operasi perubahan kelamin. 

 2. Operasi perubahan kelamin 
 Operasi perubahan kelamin adalah operasi yang mengubah alat kelamin yang ada agar lebih sama dengan kelamin lawan jenis. Dalam operasi perubahan kelamin laki-laki ke perempuan, alat kelamin laki-laki hampir seluruhnya di buang dan beberapa jaringan dipertahankan untuk membentuk vagina buatan. Minimal setahun sebelum operasi, berbagai hormone perempuan dikonsumsi untuk memulai proses perubahan tubuh. Sebagian besar transeksual laki-laki ke perempuan harus menjalani elektrolisis yang ekstensif dan mahal untuk menghilangkan bulu-bulu di wajah dan tubuh dan mendapatkan pelatihan untuk menaikkan nada suara mereka, hingga hormone-hormon perempuan yang dikonsumsi membuat bulu-bulu tidak lagi tumbuh dan suaranya menjadi kurang maskulin. Operasi kelamin itu sendiri biasanya tidak dilakukan sebelum berakirnya masa uji coba selama satu atau dua tahun. Hubungan seks heteroseksual konvensional dimungkinkan bagi transeksual laki-laki ke perempuan, meskipun kehamilan tidak akan mungkin terjadi karena alat kelamin bagian luar di ubah. Proses perubahan kelamin perempuan ke laki-laki dalam beberapa hal lebih sulit, namun, dalam beberapa hal lain lebih mudah. Di satu sisi, penis yang di buat melalui operasi berukuran kecil dan tidak mengalami ereksi normal sehingga dibutuhkan alat bantu buatan untuk melakukan hubungan seksual konvensional. Di sisi lain, lebih sedikit penanganan kosmetik lanjutan yang diperlukan di banding pada transeksual laki-laki ke perempuan karena hormon laki-laki yang yang di konsumsi perempuan yang ingin berubah gender secara drastic mengubah distribusi lemak dan menstimulasi pertumbuhan bulu-bulu di wajah dan tubuh. Operasi perubahan kelamin merupakan pilihan yang sering kali diambil oleh laki-laki daripada perempuan. 

3. Perubahan gender identitas 
Operasi da npemberian hormone sebelumnya dianggap sebagai satu-satunya penanganan yang dimungkinkan untuk gangguan identitas gender karena berbagai upaya psikologis untuk mengubah identitas gender secara konsisten mengalami kegagalan. Identitas gender diasumsikan tertanam terlalu dalam utuk diubah. 

Sejumlah kecil prosedur mengubah identitas gender melalui terapi perilaku yang tampaknya berhasil. Para peneliti mengatakan, para klien mereka kemungkinan berbeda dari orang-orang lain yang mengalami GIG karena mereka bersedia berpartisipasi dalam program terapi yang bertujuan mengubah identitas gender. Sebagian besar transeksual menolak penanganan itu. Bagi mereka mengubah tubuh mereka secara fisik merupakan satu-satunya tujuan yang diinginkan. Namun, jika tidak terdapat pilihan operasi, akan lebih banyaklah tenaga professional yang dikeluarkan untuk mengembangkan prosedur psikologis yang mengubah identitas gender. 

Studi Kasus Joan/John:
Bawaan versus Lingkungan dalam Identitas Gender Pada tahun 1965, Lianda Thiessen melahirkan bayi kenbar laki-laki. Tujuh bulan kemudian, ia menemukan kulit di ujung penis kedua bayinya menutup sehingga mereka sulit buang air kecil. Dokter anak yang merawat si kembar merekomendasikan agar keduanya di sunat untuk memperbaiki kondisi tersebut. Meskipun demikian, antah karena masalah peralatan atau kesalahan yang dilakukan dokter bedah, penis John, salah satu dari kembar tersebut menjadi rusak. Walaupun keluarga Thiessen berkonsultasi dengan beberapa dokter, tidak satupun yang memberikan harapan untuk memulihkan penis John melalui operasi. 

Pada bulan desember 1966, tanpa sengaja pasangan suami istri tersebut melihat salah satu program di televise yang menampilkan John Money, seorang peneliti seks yang terkebal dari Johns Hopkins University, yang menceritakan tentang keberhasilan pelaksanaan operasi perubahan kelamin bagi para transeksual. Pasangan tersebut kemudian menghubungi Money, yang member jawaban optimis tentang apa yang dapat dilakukan untuk John di Johns Hopkins. Tidak lama setelah itu, keluarga Thiessen berangkat ke Baltimore menemui Money, yang mengusulkan bahwa mengubah John menjadi Joan adalah pilihan terbaik. Rencana tersebut mencakup katrasi, konstruksi kelamin perempuan, penanganan selanjutnya dengan hormone seks, an menyebut si anak sebagai perempuan. Setelah beberapa bulan mencari jawaban dan konsultasi kepada banyak professional, operasi tersebut dilaksanakan dan John menjadi Joan. Beberapa tahun kemudian Money mulai membahas kasus tersebut dengan para professional kesehatan dengan menggambarkan sebagai keberhasilan total dan menggunakannya untuk mendukung teorinya bahwa identitas gender ditentukan oleh lingkungan. 

Selama bertahun-tahun berikutnya, ia menulis beberapa pemantauan yang sekali lagi mengklaim keberhasilan. Namun, fakta-fakta mengungkapkan hal yang sebaliknya. Dua peneliti yang berhasil menemukan Joan beberapa tahun kemudian mewawancarainya dan orang tuanya dan menemukan gambaran yang sangat berbeda dari yang dilukiskan Money. Gambaran tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh biologis yang kuat terhadap identitas gender. Meskipun diinstruksikan untuk mendorong perilaku feminism Joan, orang tuanya menuturkan bahwa Joan berprilaku sangat kelaki-lakian. Pada umur dua tahun ia merobek rok pertamanya; selama usia prasekolah aktifitas permainannya sangat maskulin. Pola yang sama berlanjut hingga masa sekolah dasarnya. Pada usia 11 tahun, tiba saatnya untuk memulai perawatan dengan hormone perempuan untuk mendorong pertumbuhan payudara dan karakteristik feminism lainnya. 

Operasi vagina juga di rekomendasikan untuk membentuk vagina yang lebih veminim disbanding vagina awal yang telah di buat dalam operasi pertama. Meskipun ia dengan enggan mulai mengonsumsi esterogen. Joan secara konsisten menolak untuk menjalankan operasi. Pada usia 14 tahun, Joan memutuskan untuk berhenti menjalani hidup sebagai perempuan. Ia memakai pakaian laki-laki, mulai buang air kecil dengan berdiri, dan masuk ke sekolah menengah teknik. Karena melihat penolakan Joan untuk menjalani operasi dan hidupnya yang penuh distress berat, para dokter yang menangani Joan akirnya merekomendasikan untuk menceritakan hal yang sebenarnya kepda Joan. Ia langsung memutuskan untuk melakukan apapun yang mungkin dilakukan untuk memutar balik efek penanganan terdahulu dan mengubah namanya kembali menjadi John. Ia mengosomsi hormone laki-laki, menjalani operasi untuk membuang payudaranya, dan menjalani operasi pemasangan penis buatan. Pada usia 21 tahun, John menjalani operasi berikutnya untuk memperbaiki penis buatan tersebut, dan pada usia 25 tahun ia menikahi seorang perempuan. 

Jelaslah, kasus ini menunjukkan adanya pengaruh biologis yang kuat terhadap identitas gender, meskipun tidak memiliki penis, di dorong untuk berprilaku feminism, dan mengalami pertumbuhan payudara sebagai akibat mengosumsi estrogen, john tidak pernah mengembangkan identitas gender perempuan. 

Buku Rujukan Davinson, C.G., Neal, J.M., & Kring, A.M. 2006. Psikologi Abnormal. Jakarta: Raja Grafindo Persada Robert G. Meyer. Case Studies in Abnormal Behavior. Bandung: Intervarsity Bookstore DSM –IV-TR