Tak Selamanya Calon Pengantin itu Bahagia

Ada kisah menarik yang dapat dijadikan pelajaran, khususnya bagi Anda yang belum menikah
Minggu kemarin saya menangani  klien Hipnoterapi  yang akan menikah di bulan Desember nanti. Dia tidak datang sendiri, tapi ditemani oleh calon istri. Mereka datang ke tempat praktek saya di Nusantara Holistic Center (NHC) yang berlokasi di Beji Depok, karena mengalami masalah yang membuat mereka stress, cemas dan ragu dengan keputusan mereka untuk menjalin pernikahan beberapa bulan lagi. Setelah dilakukan wawancara dan diagnosa, ternyata mereka berdua mengalami Pre-Wedding Syndrome.
Mungkin anda penasaran, apa yang dimaksud dengan Pre-Wedding Syndrome?

Pre-Wedding Syndrome adalah sebuah keadaan dan tekanan psikologis yang dialami oleh pasangan yang akan memasuki gerbang pernikahan. Menariknya adalah, hampir semua pasangan yang akan menikah biasanya mengalami hal ini. Sekilas masalah ini sepele, namun , jika hal ini dibiarkan bisa berdampak besar kepada hubungan pasangan & kebahagiaan dalam pernikahan. 

Biasanya dalam periode menjelang pernikahan ada banyak hal yang membuat calon pengantin menjadi stres, diantaranya tentang biaya, keputusan yang diambil, ekspektasi kepada pasangan setelah menikah, perubahan yang akan terjadi setelah menikah, tanggung jawab yang akan di emban. Dan biasanya yang menjadi sumber stres menjelang hari H adalah  perencanaan resepsi pernikahan yang ingin semuanya berjalan sempurna. 

Nah yang dialami oleh klien saya adalah stress karena takut dirinya tidak mampu bertanggung jawab sebagai sebagai kepala rumah tangga, dan dia khawatir tidak bisa mempertahankan rumah tangganya kelak, seperti yang terjadi pada teman-teman dekatnya.

Hal  pertama yang saya minta dari pasangan ini adalah untuk mengenali dan mengatur sumber masalah tersebut dan memastikan agar semuanya dalam kendali mereka sendiri. Setelah itu baru saya melakukan teknik therapeutic  kepada mereka dan Alhamdulillah sesi pertama ini berhasil membuat perubahan signifikan, dan akan dilanjutkan sesi berikutnya minggu depan.
Bagi anda yang juga mengalami Pre-Wedding Syndrome, lakukan aktivitas berikut ini untuk membantu mempercepat menghilangkan masalah ini :
  • Tidurlah yang cukup
  • Ber olah raga setiap hari
  • Makan secara teratur dan seimbang sesuai dengan kebutuhan
  • Hindari mengkonsumsi gula, kopi, rokok secara berlebihan
  • Perbanyak solat dan dzikir
  • Berkonsultasilah kepada hipnoterapis yang kompeten &  telah berpengalaman
  • Lakukan self hypnosis setiap hari, untuk menselaraskan fikiran, perasaan dan badan
  • Lakukan kegiatan positif bersama pasangan yang menyenangkan bersama pasangan
  • Stop mempressure diri anda sendiri untuk melakukan banyak perubahan sekaligus sebelum pernikahan
  • Datang dan berkonsultasilah dengan praktisi hipnoterapi yang sudah berpengalaman, agar anda merasa aman dan nyaman sehingga solusi yang efektif bisa anda dapatkan.
Semoga bermanfaat